Implementasi Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Tema Binatang

Implementasi Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Tema Binatang

  • Tasya Khaerunnisa STAI Ma'had Ali Cirebon
Keywords: Show and Tell, Metode Belajar, Kemampuan Bahasa

Abstract

Pendidikan formal anak usia dini merupakan salah satu jenjang pendidikan yang dikelompokkan pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK). Bahasa merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan anak dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari semua kegiatan dalam mengarungi kehidupan. Kemampuan berbicara anak merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang sudah selayaknya mulai diasah ketika anak berada pada usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi, faktor penghambat, faktor pendukung dan hasil implementasi metode show and tell tema binatang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa di Kelompok B TK Islam Darul Anwar Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jumlah informan 3 orang. Tahapan penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Implementasi metode belajar show and tell tema binatang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa di Kelompok B TK Islam Darul Anwar Cirebon sudah baik. Hasil dari penerapan metode belajar show and tell tema binatang sudah baik untuk siswa dengan meningkatnya kemampuan bahasa dan komunikasi serta kosa kata tentang binatang bertambah. Faktor pendukung implementasi metode belajar show and tell tema binatang adalah SDM yang sesuai kualifikasi dan fasilitas belajar yang mendukung. Faktor penghambat implementasi metode belajar show and tell tema binatang adalah mood siswa yang naik turun. Implementasi metode belajar show and tell tema binatang sudah baik dan terlaksana dengan dibuktikan hasil pencapaian belajar siswa yang baik.

Published
2023-08-05